Pages

Monday, August 3, 2009

Tips Untuk Pemakai Blackberry Pemula


1. PIN Blackberry
Setiap blackberry punya Personal Identification Number (PIN). PIN tidak dapat diubah, walaupun Anda mengganti-ganti kartu SIM. Untuk mendapatkan PIN caranya cari ikon options-pada blackberry seri curve, ikonnya bergambar obeng. Setelah terbuka window options, klik status dan layar akan menampilkan nomor PIN BlackBerry.
PIN sangat berguna untuk mempermudah komunikasi antar sesama pengguna blackberry. Anda dapat menggunakan PIN untuk masuk ke BlackBerry messenger dan fasilitas chat gratis dalam peranti pintar ini.
Saat mengirim atau menerima file, browsing, menggunakan e-mail PIN BlackBerry Anda amat bermanfaat. Terutama bila Anda menggunakannya untuk mengirimkan file atau pesan ke teman atau kolega pengguna BlackBerry. Anda dapat mengirim pesan hanya dengan memasukkan PIN mereka ke kolom To. Dengan begitu, pesan atau file yang terkirim relatif lebih instan dibandingkan layanan e-mail, karena sifatnya direct dan tidak melalui mailserver. Metode komunikasi PIN-to-PIN ini juga sangat berguna untuk pengiriman file atau pesan yang sifatnya rahasia.

2. Jalankan Wizard Setup
ketika menekan tombol power untuk pertama kali, Anda akan melihat window setup wizard. Banyak pengguna BlackBerry tak menggubrisnya karena tidak sabar untuk segera menikmati BlackBerry. Padahal, setup wizard ini sangat berguna untuk menonaktifkan bahasa yang tak dikehendaki.
Pada pengaturan standarnya, BlackBerry hadir dengan berbagai bahasa, yang mana tiap bahasa memakan memory tertentu. Jadi, saat Anda memilih satu bahasa, maka setup wizard secara otomatis menghapus bahasa lainnya. Langkah ini akan mengefisiensi penggunaan memory BlackBerry.

3. Beli Kartu Penyimpanan Eksternal
BlackBerry peranti yang dilengkapi fitur multimedia seperti kamera dan video kamera. Untuk menampung semua itu mengandalkan kartu penyimpanan (memory card) internal saja tak cukup. Anda butuh kartu penyimpanan eksternal yang jumlahnya lebih besar ketimbang memori internal. Kebutuhan akan kartu penyimpanan eksternal amat penting mengingat kecenderungan BlackBerry yang akan melambat. Bahkan bias sama sekali berhenti bekerja, bila memori internal menipis.

4. Blackberry Sebagai USB Drive
Bila Anda menghubungkan Blackberry dengan PC via kabel data, maka di Blackberry akan muncul pesan “Do you want to turn on Mass Storage Mode?”. Jika Anda mengiyakan, maka maka komputer akan memandang BlackBerry Anda sebagai Drive baru. Drive ini bias Anda gunakan sebagai media penyimpanan atau pertukaran data dari BlackBerry ke PC dan sebaliknya.

5. Install Blackberry Desktop Software
jika program ini di install dalam PC, maka pemindahan file dan sinkronisasi dengan komputer menjadi sangat mudah. BlackBerry desktop software juga bisa sebagai media untuk mem-back-up data-data penting di BlackBerry Anda.

6. Install Beberapa Software
tak cukup rasanya mengandalkan software bawaan BlackBerry. Program tambahan tentunya membuat peranti BlackBerry Anda semakin canggih dan semakin menarik. Cobalah lengkapi BlackBerry Anda dengan software menarik seperti Google Maps dan fitur lainnya. Sekadar informasi, di internet banyak situs-situs yang menyediakan software BlackBerry secara gratis.

7. Personalisasi Blackberry
Ganti ringtone, wallpaper, theme baru, bahkan ikon dan layout BlackBerry yang sesuai dengan selera Anda.

8. Selalu Gunakan Ibu Jari
BlackBerry peranti yang penggunaanya didesain untuk kedua ibu jari. Mengetik satu per satu menggunakan telunjuk sama sekali bukan cara yang efektif untuk menggunakan BlackBerry, karena kecepatan mengetik akan menjadi sangat rendah.

9. Gunakan Casing
casing berguna untuk melindungi tubuh BlackBerry dari goresan atau benturan. Casing juga berfungsi membuat BlackBerry Anda tampak menarik, apalagi kini tersedia casing dalam banyak warna.

No comments:

Post a Comment