Pages

Wednesday, August 12, 2009

Facebook: Feature Search Baru

ImageBeberapa bulan lalu, keinginan Facebook untuk mengakuisisi Twitter, website yang terkenal dengan layanan micro bloggingnya, gagal. Maka hari ini, Facebook dengan bangga mengumumkan kalau mereka telah berhasil mencapai suatu kesepatakan untuk mengakuisisi website lain. Sayangnya bukan Twitter yang mereka raih melainkan FriendFeed. Dengan diakuisisinya FriendFeed maka Facebook akan segera mendapatkan teknologi real-time search.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, dapat mengijinkan penggunanya untuk menemukan apa yang dibahas mengenai topik tertentu pada waktu tertentu pula. Sekilas memang terlihat dengan teknologi yang telah diusung oleh Twitter.

FriendFeed adalah sebuah servis sosial yang diciptakan oleh alumni Google yaitu Bret Taylor dan Jim Norris di tahun 2008. Dikatakan perjanjian ini membuat Facebook harus merogoh kocek hingga USD 50 juta. Jumlah tersebut masih lebih sedikit dibandingkan jumlah yang harus mereka keluarkan apabila ingin mengakuisisi Twitter, yakni sekitar USD 500 juta.

Selain mengumumkan akuisisi yang mereka lakukan, Facebook juga mengumumkan sebuah layanan Search baru. Dengan layanan baru ini, Anda dapat mencari News Feed untuk status update, foto, link, video, dan note yang dishare oleh teman dalam 30 hari. Layanan baru ini sangat mirip dengan layanan yang telah diberikan oleh Twitter.

Untuk melakukan pencarian, Anda tinggal memasukan query di search box yang ada di kanan atas layar. Setelah Anda melakukan pencarian, Anda bisa memilih filter yang ada pada bagian kiri halaman.

Source : Facebook

No comments:

Post a Comment